Tekno

NASA Tampilkan Foto Menakjubkan Black Hole di Galaksi Bima Sakti

NASA Tampilkan Foto Menakjubkan Black Hole di Galaksi Bima Sakti

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA berhasil mengambil gambar misterius dari lubang hitam atau black hole di pusat Galaksi Bima Sakti. Sebuah gambar menarik yang diterbitkan NASA menunjukkan sebuah objek di tengah Bima Sakti.

Gambar itu diambil menggunakan Chandra X-Ray Observatory milik NASA yang mengorbit tahun lalu, namun ditampilkan sebagai NASA's Astronomy Picture of The Day awal pekan ini.

Berbagai warna yang ditampilkan dari lubang hitam itu adalah berbagai cahaya yang dipancarkan dari wilayah misterius, yang berjarak 26 ribu tahun cahaya dari Bumi.

Warna hijau dan biru adalah emisi sinar-X berenergi tinggi yang dipotret oleh Chandra, sementara bagian merah adalah radiasi berenergi rendah yang difoto oleh Meerkat, teleskop berbasis darat yang ada di Afrika Selatan.

"Wilayah misterius ini, bersinar dalam setiap jenis cahaya yang bisa kita lihat," tulis pihak NASA dalam unggahannya, dikutip The Sun, Jumat, 3 April 2020. Tepat di sebelah kanan wilayah tengah yang penuh warna, terletak Sagitarius A (Sag A), lubang hitam supermasif di tengah galaksi.

Sag A memiliki berat sekitar empat juga kali massa Matahari dan lebarnya lebih dari 13 juta mil. "Gas panas mengelilingi Sag A, serta serangkaian filamen radio paralel yang dikenal sebagai Arc, terlihat tepat di sebelah kiri pusat gambar," tulis NASA.

Banyak bintang yang mengorbit di dalam dan di sekitar Sag A, serta banyak lubang hitam kecil dan inti bintang padat yang dikenal sebagai bintang neutron. Tahun lalu, para ilmuwan telah meluncurkan gambar lubang hitam pertama.

Black hole atau lubang hitam yang digambarkan oleh para ilmuwan sebagai 'monster', berukuran 24 miliar mil atau sekitar tiga juta kali ukuran Bumi. Berada sekitar 300 juta triliun mil dari Bumi, lubang hitam itu di foto oleh jaringan delapan teleskop di seluruh dunia yang dikenal sebagai Event Horizon Telescope (EHT).