Tekno

Penjahat Haram Hukumnya Pakai iPhone

Penjahat Haram Hukumnya Pakai iPhone

Sadarkah Anda jika karakter penjahat di berbagai film tidak pernah menggunakan iPhone? Hal ini dibocorkan oleh sutradara film Knives Out, Rian Johnson. Menurutnya pihak Apple tidak ingin produknya digunakan untuk kejahatan.

Masalahnya, kata Rian, aturan Apple itu mungkin bisa merusak plot film misteri lantaran jika seorang karakter tak memakai iPhone, kemungkinan ia adalah penjahatnya.

"Apple mengizinkan pemakaian iPhone di film tapi jika kalian menyaksikan film misteri, maka karakter buruk tidak bisa menggunakan iPhone. Setiap sutradara yang memiliki penjahat di filmnya dan seharusnya menjadi rahasia mungkin akan membunuhku saat ini," katanya, dikutip dari Vanity Fair, Kamis, 27 Februari 2020.

Mungkin saja Apple tak mau citra iPhone jadi buruk lantaran dipakai sosok antagonis. Mereka memang sangat ketat dalam soal pemakaian hak cipta, logo dan produk yang digunakan pihak lain. Banyak yang diatur oleh mereka.

Misalnya saja, produk Apple harus ditampilkan hanya pada saat kondisi terang dan dalam konteks yang menguntungkan produk Apple atau perusahaan Apple. Selain itu, pihak ketiga juga dilarang mengindikasikan bahwa Apple mensponsori konten yang ditayangkan.

Hal ini dibuktikan jika menonton film Knives Out. Karakter yang dimainkan Jamie Lee Curtis diperlihatkan menggunakan iPhone. Sedangkan, karakter putranya, yang dimainkan Chris Evans, tidak terlihat memegang karakter Apple sepanjang film. Itu karena pemeran Captain America tersebut diceritakan menjadi penjahat di akhir film.

"Setiap pembuat film yang memiliki orang jahat di filmnya seharusnya sudah menjadi rahasia jika mereka ingin membunuh saya sekarang," ujar Rian. Meski begitu, Apple tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar soal hal tersebut.

Knives Out sendiri merupakan film misteri yang dirilis tahun lalu. Selain Jamie Lee Curtis dan Chris Evans, pemain lain dalam film ini adalah Daniel Craig dan Christopher Plummer.

Jadi, saat Anda menonton film misteri pastikan melihat siapa yang menggunakan iPhone atau tidak. Jika ada yang tiba-tiba menggunakan perangkat selain Apple, karakter itu bisa dicurigai sebagai penjahatnya.