Tekno

Pesawat SpaceX Butuh 19 Jam Kirim Astronot AS ke Stasiun Luar Angkasa

Pesawat SpaceX Butuh 19 Jam Kirim Astronot AS ke Stasiun Luar Angkasa

Kolaborasi antara Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Amerika Serikat dengan Perusahaan Elon Musk, SpaceX yang berhasil meluncurkan astronot ke luar angkasa menarik perhatian publik.

Sebab, momen ini adalah peluncuran pertama Amerika Serikat, setelah sebelumnya selama satu dekade mereka mengandalkan Rusia untuk mengirim astronot ke Stasiun Luar Angkasa (ISS).

Dikutip dari situs Republic World, Minggu, 31 Mei 2020, astronot yang baru saja berangkat menggunakan pesawat luar angkasa Crew Dragon adalah Doug Hurley dan Bob Behnken. Mereka lepas landas pada Sabtu, pukul 15:22 ET dan butuh waktu 12 menit untuk roket Falcon 9 melepas pesawat ke orbit.

Lalu berapa lama sebenarnya waktu yang dibutuhkan dari Bumi untuk mencapai ISS? Pada tahun 2010 agensi Amerika Serikat itu pernah menjelaskan bahwa astronot butuh waktu tiga hari untuk mencapai ISS.

Namun kemajuan teknologi telah mempersingkat waktu. Pesawat Crew Dragon dilaporkan bisa mencapai tujuan di bawah 24 jam setelah mereka mencapai orbit. Beberapa pesawat luar angkasa memiliki strategi berbeda untuk bisa berlabuh di sana.

Sedangkan, rute untuk penerbangan SpaceX kali ini menggunakan roket Falcon 9 akan lepas landas dari Kennedy Space Center, Florida yang membawa pesawat Crew Dragon. Setelah lepas landas roket akan melepas Crew Dragon ke orbit rendah Bumi kurang dari 15 menit dan roket akan kembali ke Bumi.

SpaceX Sembunyikan Cara Astronot Buang Hajat di Luar Angkasa

Roket akan mendarat di lautan Atlantik di atas sebuah kapal. Setelah mencapai orbit, pesawat akan mengorbit Bumi selama 19 jam. Selama itu juga mereka akan menaikkan orbitnya secara bertahap.

Pesawat menanamkan sistem otomatis yang menggunakan sensor dan kamera untuk mampu terbang sendiri ke ISS dan terhubung dengan port docking. ISS sendiri letaknya 250 mil di atas Bumi.