Tekno

Ponsel Lipat Huawei Mate XS Resmi Meluncur Tanpa Aplikasi Google

Ponsel Lipat Huawei Mate XS Resmi Meluncur Tanpa Aplikasi Google

KOMPAS.com -  Huawei awal pekan ini memperkenalkan ponsel lipat generasi kedua bikinannya. Perangkat bernama Mate XS yang merupakan penerus Mate X keluaran tahun lalu tersebut resmi diperkenalkan dalam sebuah acara di London, Inggris, Senin kemarin.

Dengan diagonal layar 8 inci saat dibentangkan dan 6,6 inci saat dilipat, Mate XS memiliki tampang yang sangat mirip dengan Mate X, tapi ada sejumlah peningkatan. Huawei mengklaim layar dan mekanisme Mate XS kini lebih tangguh.

Layar Mate XS, menurut Huawei, memiliki konstruksi "quad-layer" dengan dua lapisan polymide transparan di atas panel display OLED yang lentur. Di lapisan terbawah ada polymer yang berfungsi sebagai bantalan sekalius menghubungkan layar dengan bodi perangkat.

Bagian dapur pacu ikut dirombak dan kini mengandalkan chip Kirin 990 yang memiliki modem 5G terintegrasi, alih-alih terpisah seperti Kirin 980 pada Mate X dulu. System-on-Chip tersebut dipasangkan dengan RAM 8 GB dan media internal 512 GB.

Spesifikasi selebihnya dari Mate XS masih sama dengan Mate X, termasuk baterai 4.500 mAh, serta rangkaian kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 40 MP f/1.8, kamera telephoto 8 MP f/2.4, kamera ultra wide 16 MP f/2.2, dan kamera 3D depth sensing.

Dari sisi software, karena Huawei masih masuk daftar hitam entity list AS, Mate XS menggunakan OS Android versi open source dan tidak memiliki layanan-layanan atau aplikasi Google seperti toko Play Store.

Sebagai gantinya, Mate XS menggunakan aneka layanan buatan sendiri dari Huawei (HMS), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/2/2020).

Berbeda dari Mate X yang hanya dipasarkan di China, Huawei berencana menjual Mate XS secara global. Harganya dipatok sebesar 2.499 euro atau sekitar Rp 37,8 juta dan akan mulai dirilis pada Maret mendatang.