Tekno

Porsche Dicela Habis-habisan oleh Pencipta Tesla

Porsche Dicela Habis-habisan oleh Pencipta Tesla

VIVA – Porsche dikenal sebagai salah satu mobil mewah, yang kerap jadi pilihan pria dewasa. Bahkan, umumnya mereka yang mengalami puber kedua akan memilih kendaraan buatan Jerman itu.

Alasannya sederhana, meski dikenal sebagai sebuah mobil sport, namun Porsche mudah dan nyaman dikendarai sehari-hari. Tampilannya yang eksotik, cukup membuat pengemudinya dilirik oleh banyak orang.

Dilansir dari Mashable, Sabtu 7 September 2019, Porsche baru saja meluncurkan mobil listrik pertama mereka, Taycan Turbo dan Taycan Turbo S. Keduanya dibekali dengan dua dinamo listrik dan baterai, yang sanggup membuat akselerasi dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam waktu tiga detik.

Meski demikian, ternyata langkah berani tersebut justru mendapat celaan dari ‘dewa’ mobil listrik, Elon Musk. Ia dikenal sebagai pendiri perusahaan Tesla, sekaligus perancang semua mobil-mobil listrik yang dihasilkan perusahaan itu.

 Kredit Vario dan BeAT Bekas, Cuma Rp400 Ribuan

Ledekan Musk bukan pada kemampuan Porsche atau jarak tempuh yang dimiliki, melainkan penggunaan kata Turbo pada model tersebut. Porsche memang dikenal gemar menyematkan kata itu pada produk andalan mereka.

Turbo umumnya dipakai untuk menunjukkan, bahwa mobil tersebut menggunakan perangkat tambahan yang mampu memampatkan udara dan bahan bakar lebih banyak. Prinsip kerjanya mirip pompa air, dan berfungsi dengan mengandalkan gas buang kendaraan.

Masalahnya, mobil listrik murni tidak memiliki gas buang. Kendaraan ramah lingkungan itu juga tidak memakai bensin atau udara, untuk bisa beroperasi di jalan raya.

Musk sendiri memilih nama model berdasarkan kode, baik itu angka maupun huruf. Sejauh ini, ia sudah melahirkan Tesla Model S, Model 3, Model X, dan Model Y. Jika digabungkan, maka akan membentuk kata S3XY.