Tekno

Rem Tangan Versi Moderen Lebih Aman untuk Parkir Lama, Bener Gak Sih?

Rem Tangan Versi Moderen Lebih Aman untuk Parkir Lama, Bener Gak Sih?

Fitur yang disematkan pada mobil-mobil keluaran baru kian canggih, salah satunya adalah electric parking brake atau EPB. Dengan fitur ini, pengemudi tak perlu mengeluarkan tenaga lebih saat hendak mengaktifkan rem parkir atau rem tangan.

Product technology of Training Team PT Sokonindo Automobile, Sugihartono mengatakan, rem parkir elektrik yang disematkan pada mobil biasanya ada dua tipe, yakni masih memakai kabel dan yang menggunakan kaliper.

"Untuk model pertama, menggunakan kabel baja untuk pengaktifkannya. Jadi, motor dan modul EPB menarik kabel, lalu kabelnya menarik kampas rem di belakang. Model caliper type ini tidak pakai kabel baja, karena motor EPB lansung ditempel di kaliper rem belakang," paparnya saat konfrensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Sugi itu mengatakan, pada produk DFSK Glory Series yang diproduksi dan dipasarkan di Tanah Air, telah dilengkapi dengan rem parkir elektrik caliper type, untuk menambah kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Bikin Tikus Gak Betah Tinggal di Mobil, Gampang Kok

Penggunaan EPB itu diklaim aman karena tidak lagi menggunakan sistem kabel baja untuk mengaktifkan rem parkir seperti kendaraan lainnya. Sehingga, kata dia, kemungkinan kabel baja tersebut berkarat dan macet tidak lagi terjadi.

"Kemungkinan rem parkir ini macet karena kabelnya rusak atau karat sangat kecil pada unit mobil yang menggunakan EPB, walaupun rem parkirnya diaktifkan dalam waktu yang lama," ujarnya.

Meski demikian, kata dia, pemilik kendaraan juga arus memperatikan kondisi cakram dan komponen piringan rem kendaraannya. Jika kendaraan diparkir lama dengan kondisi rem tangan diaktifkan, maka komponen tersebut bisa menempel bakan berkarat.

"Kalau memungkinkan, memang mobilnya arus dipakai atau bergerak, supaya rem dan komponen lainnya tetap oke," paparnya.