Tekno

Ribuan Motor Listrik Yamaha Siap Mengaspal

Ribuan Motor Listrik Yamaha Siap Mengaspal

VIVA – Tidak hanya mobil, sepeda motor juga ada yang dibekali dengan penggerak dinamo dan baterai. Dengan cara ini, maka pengendara tidak perlu lagi membeli bensin.

Penggunaan motor listrik juga dianggap ampuh, untuk mengurangi polusi udara perkotaan. Terutama, di kawasan yang masyarakatnya mayoritas mengendarai kendaraan beroda dua.

Produsen yang menawarkan motor listrik, kini semakin banyak jumlahnya. Beberapa adalah nama besar, termasuk Yamaha. Bahkan, tidak lama lagi ribuan motor mereka segera mengaspal di India.

Dilansir dari Indianautosblog, Kamis 22 Agustus 2019, sebanyak lima ribu unit Yamaha EC-05 akan didatangkan ke India oleh Drivezy. Perusahaan itu dikenal sebagai salah satu penyedia kendaraan sewaan.

 Penantang Innova Resmi Mengaspal, Harga Bersaing

Chief Executive Officer Drivezy, Ashwarya Pratap Singh mengatakan, bahwa perusahaannya ingin memiliki divisi kendaraan listrik. Untuk mewujudkan hal itu, ia siap mengucurkan dana hingga US$25 juta, atau setara Rp355 miliar.

Saat ini, Ashwarya sedang mencari mitra yang mau menyediakan baterai. Mereka tidak akan membangun stasiun pengecasan, melainkan tempat tukar baterai. Konsep ini dianggap paling cocok untuk pengguna motor, karena praktis dan tidak memakan waktu banyak.

Sebagai informasi EC-05 adalah produk Yamaha hasil kerja sama dengan Gogoro. Perancangan dilakukan di markas Yamaha di Jepang, sementara produksi ditangani oleh perusahaan asal Taiwan tersebut. (kwo)