Tekno

Satu Fakta soal Honda Genio yang Bikin Melongo

Satu Fakta soal Honda Genio yang Bikin Melongo

VIVA – PT Astra Honda Motor belum lama ini meluncurkan produk sepeda motor baru, yang diberi nama Genio. Motor ini masuk dalam segmen skuter matik, dan diklaim menjadi standar untuk produk Honda ke depannya.

Berbeda dengan BeAT, Genio menggunakan rangka baru yang diberi nama enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF. Hal itu dikatakan langsung oleh General Manager Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi.

“Proses produksi rangka baru eSAF pada Honda Genio didesain secara khusus, untuk menghasilkan kualitas terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan, agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan,” ujarnya di Cikarang, Jawa Barat, Selasa 10 September 2019.

Rangka dibuat dengan proses produksi mutakhir, seperti proses press serta penyambungan titik dengan menggunakan teknik las laser. Hasilnya jadi lebih presisi dan rapi.

 Bocoran Harga Toyota Calya Baru dari Diler

Desain rangka baru juga memungkinkan AHM untuk memberi ruang lega pada bagasi, yakni 14 liter. Kapasitas tangki bensinnya sendiri mencapai 4,2 liter.

Satu fakta mencengangkan dari Honda Genio adalah, proses produksinya sangat cepat. Menurut Dodi, setiap hari pabrik bisa merakit 2.100 hingga 2.200 unit Genio.

“Setiap line butuh waktu 22 detik. Contohnya, mesin kan ada beberapa bagian, seperti kepala silinder. Nah, merakit satu mesin butuh 22 detik. Lalu, ada lagi line untuk rangka, memasang bodi plastik yang sudah diberi stiker,” tuturnya.