Tekno

Setelah Instagram, Giliran Snapchat Tiru Fitur TikTok

Setelah Instagram, Giliran Snapchat Tiru Fitur TikTok

Melonjaknya popularitas TikTok membuat perusahaan-perusahaan jejaring sosial asal Amerika Serikat tergopoh menyiapkan pesaing. Instagram, misalnya, membuat fitur khusus video pendek bernama Reels yang disatukan di Stories.

Snapchat pun agaknya tak mau ketinggalan. Aplikasi perpesanan ephemeral ini mengumumkan rencana penambahan fitur baru berupa perekaman video dengan latar belakang lagu populer, mirip dengan TikTok.

Seorang juru bicara Snapchat mengatakan, lagu-lagu tersebut bakal dilisensi dari sejumlah perusahaan musik seperti Warner Music Group, Universal Publishing Group, dan Merlin.

Nantinya pengguna Snapchat bisa melakukan "swipe up" di video untuk melihat judul lagu latar dan artis pembuatnya. Lalu ada tautan untuk mendengar lagu secara lengkap di aplikasi streaming musik.

Bedanya dari TikTok, Snapchat tidak akan menyediakan linimasa berisi video-video serupa. Tak ada juga fitur pencarian video dengan soundtrack yang sama. Kedua hal ini merupakan elemen kunci di TikTok.

Alih-alih sebagai pesaing langsung TikTok, juru bicara Snapchat mengatakan fitur video dengan lagu tersebut ditujukan untuk "berbagi musik dengan teman".

Snap, perusahaan pemilik Snapchat, mengklaim bahwa aplikasinya memiliki jangkauan lebih luas di Amerika Serikat dibandingkan TikTok dan Twitter bila digabungkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (5/8/2020).

Fitur video dengan latar belakang lagu rencananya akan mulai dihadirkan secara meluas ke para pengguna Snapchat berbahasa Inggris pada musim gugur atau sekitar kuartal ketiga 2020.

Para pengguna Snapchat di Australia dan Selandia baru sudah lebih dulu mendapatkannya mulai hari ini.