Tekno

Startup Ini Bisa Kirim Barang Lewat Mobil Otonom

Startup Ini Bisa Kirim Barang Lewat Mobil Otonom

Boxbot, startup logistik pengiriman asal California, Amerika Serikat, baru-baru ini meluncurkan sistem pengiriman jarak jauh otonom yang terdiri dari hub logistik lokal otonom dan truk pengiriman robot.

Tahun lalu, perusahaan rintisan yang berbasis di Oakland dan didirikan oleh mantan engineer Uber dan Tesla bernama Austin Oehlerking and Mark Godwin ini, mendapatkan pendanaan sebesar US$7,5 juta dari Toyota AI Ventures, anak usaha Toyota Research Institute yang berfokus pada kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Fitur otonom Boxbot tersebut bukanlah hal baru di AS. Di jalan-jalan di sekitar Bay Area, kendaraan pengiriman otonom last-mile sudah sering terlihat, di antaranya milik Marble, Robby dan Starship Technologies.

Kendaraan Boxbot, selain berbahan bakar bensin, juga dilengkapi dengan kendaraan listrik. Sistem logistik Boxbot mencakup hub lokal di mana paket diterima, disortir, dan disiapkan untuk pengiriman, bersama dengan armada kendaraan tanpa pengemudi.

Hub Boxbot sendiri letaknya dekat dengan lingkungan perumahan demi  mengantisipasi pesanan.

Konsep tersebut sebenarnya juga tidak baru. Perusahaan seperti CommonSense Robotics sebelumnya telah mengeksplorasi solusi logistik last-mile end-to-end.

Mark Godwin, pendiri dan CTO Boxbot menyatakan otomasi telah mengubah hampir setiap aspek pengiriman paket.

Namun, ketika paket-paket tersebut berpindah dari hub ke depan pintu konsumen, sebagian besar masih merupakan proses yang sepenuhnya manual. Boxbot mengotomasi ini.

"Kami juga menggandeng OnTrac, salah satu perusahaan logistik paket terbesar di California. OnTrac akan mencoba layanan kami di California. Kami telah bekerja sama dengan OnTrac untuk menguji teknologinya dan mengidentifikasi cara-cara baru yang dapat diintegrasikan dengan infrastruktur pengiriman OnTrac," kata Godwin.

Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, Boxbot sekarang beroperasi sebagai Penyedia Layanan Regional untuk OnTrac, menangani pengiriman last-mile ke wilayah California utara.

Lihat artikel asli www.wartaekonomi.co.id