Tekno

Suka Makan Pedas Tiap Hari? Awas Bikin Pikun

Suka Makan Pedas Tiap Hari? Awas Bikin Pikun

VIVA – Bagi beberapa orang, makan dengan rasa pedas menjadi suatu hal yang wajib. Tapi studi baru menemukan mengonsumsi makanan pedas setiap hari memiliki risiko lebih tinggi terhadap demensia atau pikun.

Dilansir dari situs Mirror, Rabu 24 Juli 2019, studi peneliti dari University of South Australia dan Qatar University menemukan relasi tersebut. Dalam studi, peneliti mempelajari pola makan dan daya ingat dari 4.582 orang dewasa usia 55 tahun ke atas.

Hasil penelitian menunjukkan, responden yang mengonsumsi cabai 50 gram dalam sehari, hampir dua kali lipat memiliki risiko turunnya daya ingat dan kognisi yang buruk. Tidak hanya itu, penelitian itu menemukan mengonsumsi cabai dapat membuat berat badan turun.

Pemimpin penelitian, Zumin Shi mengatakan, mengonsumsi cabai dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan tekanan darah.

"Tapi dalam penelitian yang baru ini, kami menemukan efek buruk pada kognisi orang dewasa yang sudah cenderung tua," ujar Shi.

Analisis yang dilakukan terhadap responden memiliki dampak pada daya ingat. Tapi rasa pedas dari kapsikum dan lada hitam, tidak merisiko pada potensi penurunan daya ingat.

"Cabai adalah salah satu rempah yang paling umum digunakan di dunia dan sangat populer di Asia, jika dibandingkan dengan Eropa. Di China, seperti Sichuan dan Hunan, ada satu dari tiga orang dewasa yang konsumsi makanan pedas setiap hari," kata salah satu penulis penelitian, Ming Li.

Sebelumnya, penelitian mereka mengatakan cabai bisa mempercepat metabolisme dan penghilangan lemak. Tapi untuk pertama kalinya cabai dikaitkan dengan kognitif. Alasan hubungannya masih belum jelas, sehingga studi perlu dilanjutkan.