Tekno

Tahun Baru 1 Suro, Hashtag Khilafah Kok Rame di Twitter?

Tahun Baru 1 Suro, Hashtag Khilafah Kok Rame di Twitter?

VIVA – Satu suro adalah hari pertama dalam kalender Jawa di bulan Suro yang bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharram dalam kalender Hijriyah. Sistem penanggalan ini mengacu pada perhitungan bulan.

Tradisi di Indonesia untuk menyambut tahun baru satu Suro ini umumnya berupa doa bersama, pengajian atau melakukan pawai dengan mengenakan baju putih.

Bertepatan tanggal satu Suro yang bersamaan dengan Minggu, 1 September 2019, media sosial Twitter bertebaran foto dan video orang-orang yang membawa bendera bertuliskan kalimat Tauhid. Dalam postingan tersebut juga disertakan tagar #KhilafahWillBeBack di mana membubuhkan caption tentang hijrah dan sistem khilafah.

Dari pantauan VIVA, belum diketahui mereka dari kelompok mana berikut lokasinya, namun selama ini diketahui organisasi yang menyerukan hadirnya khilafah adalah Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI yang telah resmi dilarang oleh pemerintah Indonesia, sesuai Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Alasannya, karena tidak sesuai dengan falsafah Pancasila.

Bersama tagar #KhilafahWillBeBack, dicantumkan pula #HijrahMenujuIslamKaffah, #MomentumHijrahSyariahKaffah, dan #WeWantKhilafah.