Tekno

Telkom Tegaskan Netflix Masih Diblokir

Telkom Tegaskan Netflix Masih Diblokir

KOMPAS.com - Beberapa warganet mengaku bisa mengakses layanan Netflix melalui konekesi Telkom Group, baik Indihome maupun Telkomsel. (Baca: Netflix Sudah Bisa Diakses Sebagian Pengguna IndiHome, Tanpa VPN dan Lancar)

Mereka mengaku bisa masuk (log in) ke akun Netflix dan memutar film atau serial. Namun, pihak Telkom membantah hal ini.

"Info tersebut tidak benar. Saat ini Netflix tidak bisa diakses melalui Indihome maupun Telkomsel," kata Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia saat dihubungi KompasTekno, Senin (13/1/2020).

Lebih lanjut, Arif mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan saat mendapat informasi tersebut. Beberapa warganet yang mengaku bisa mengakses Netflix menggunakan jaringan Telkom Grup pun mengunggah bukti tangkapan layar (screenshot).

Sebagian dari mereka mengaku hanya bisa mengaksesnya melalui aplikasi Netflix di smartphone. Soal bukti-bukti tersebut, Arif mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan ulang.

"Saat ini sedang kita konsolidasikan di jajaran operasional untuk melakukan pengecekan ulang di seluruh level jaringan Telkom Group, bahwa kebijakan perusahaan belum ada perubahan terkait pembatasan akses Netflix," jelas Arif.

Kejadian serupa pernah terjadi awal Januari 2019 lalu. Kala itu, beberapa pengguna Telkomsel dan Indihome juga mengaku bisa mengakses Netflix. (Baca: Netflix Sudah Bisa Diakses di IndiHome, Telkom Lepas Blokir?)

Namun tidak berapa lama, akses Netflix melalui Indihome kembali ditutup. Sejak tahun 2016 lalu, Netflix Telkom Group telah memblokir akses ke Netflix. Alasannya, Netflix dianggap belum memenuhi regulasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate pun meminta agar Netflix dan Telkom Group segera menyelesaikan masalah pemblokiran ini secara business to business.

Head of Corporate Communications for Southeast Asia, Netflix, Leigh Wong mengatakan pihaknya masih terus berdiskusi dengan PT Telkom.

"Saat ini kami masih terus melakukan komunikasi. Belum ada yang bisa saya sampaikan (hasilnya)", katanya saat ditemui di acara kerja sama Netflix dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (9/1/2020).