Tekno

Trafik Data Telkomsel Naik 22,8 Persen Selama Ramadhan dan Lebaran

Trafik Data Telkomsel Naik 22,8 Persen Selama Ramadhan dan Lebaran

- Selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2020 ini, operator seluler Telkomsel mencatatkan adanya kenaikan trafik data

Puncak kenaikan trafik layanan data terjadi pada 24 Mei lalu atau pada hari pertama Idul Fitri sebesar 22,8 persen dibanding hari biasa.

Total data yang dikonsumsi mencapai 26,7 petabyte selama periode tersebut. Kenaikan ini didukung pula oleh sebagian masyarakat yang tidak melakukan mudik, sesuai anjuran pemerintah dan memilih berkomunikasi secara virtual untuk merayakan lebaran.

"Sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus dilakukan dari rumah," jelas Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (28/5/2020). 

Selama Ramadhan dan Idul Fitri, sejumlah wilayah operasional Telkomsel tercatat mengalami kenaikan layanan data sebesar 35 persen.

Wilayah tersebut mencakup Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat.

Kenaikan trafik data yang signifikan juga terjadi di Jabodetabek. Kenaikan trafik data di wilayah ini naik hingga 60,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Angka tersebut melonjak drastis karena banyak yang tidak pulang kampung dan imbauan pemerintah agar tetap di rumah. 

Sebaliknya, wilayah-wilayah destinasi mudik seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur mengalami penurunan kedatangan pelanggan.

Di Jawa Tengah, terjadi penurunan kedatangan pelanggan sebesar 83 persen, di Jawa Barat 77 persen, dan Jawa Timur sebesar 83 persen.