Tekno

Update Terbaru Windows 10 Bikin "Error", Begini Cara Mengatasinya

Update Terbaru Windows 10 Bikin

Microsoft kembali meluncurkan merilis pembaruan rutin kepada para pengguna sistem operasi Windows 10.

Namun, update untuk bulan Mei 2020 tersebut justru menimbulkan masalah baru, lebih spesifiknya untuk pengguna perangkat dengan modul memori Intel Optane.

Pengguna memori Intel Optane, khususnya seri M10 dan H10, dilaporkan mengalami penurunan performa serta error yang timbul secara terus-menerus.

Kendati demikian, error ini hanya dialami oleh pemilik Intel Optane yang secara paksa memasang pembaruan tersebut menggunakan Media Creation Tool.

Sebelumnya Windows 10 telah secara otomatis memblokir pembaruan Mei 2020 tersebut akarena adanya ketidakcocokan antara Intel Optane dan udpate terkait.

Pesan error yang terus menerus muncul pada komputer dengan Intel Optane setelah instalasi update Windows 10 untuk Mei 2020, sebagaimana dipublikasikan oleh situs windowslatest.com.Windows Latest Pesan error yang terus menerus muncul pada komputer dengan Intel Optane setelah instalasi update Windows 10 untuk Mei 2020, sebagaimana dipublikasikan oleh situs windowslatest.com.

Media Creation Tool smerupakan alat resmi Microsoft yang biasa digunakan untuk menginstal Windows 10 secara langsung melalui USB atau DVD.

Pemilik perangkat dengan memori Intel Optane bisa memaksa Windows memasang update Mei 2020 dengan Media Creation Tool, tapi akan berujung pada error di atas.

Intel Optame sendiri merupakan modul memori yang pertama kali diperkenalkan pada 2017 untuk meningkatkan kinerja storage di komputer desktop dan laptop.

Cara mengatasi error

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah udpate Windows 10 ini adalah dengan mengembalikan (roll back) sistem operasi ke titik sebelum instalasi pembaruan.

Solusi lain adalah dengan mencopot pemasangan Intel Optane Pinning Explorer Extensions pada komputer yang mengalami error.