Tekno

Wabah Corona Mengubah Perilaku Konsumen, Produsen Gadget Banting Harga

Wabah Corona Mengubah Perilaku Konsumen, Produsen Gadget Banting Harga

Wabah Virus Corona COVID-19 memaksa sejumlah konsumen di Asia Tenggara untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup yang dikenal dengan istilah The New Normal itu juga terjadi di Indonesia.

Kebijakan social dan physical distancing hingga isolasi mandiri membuat masyarakat, mau tidak mau, membiasakan diri dengan rutinitas seperti itu.

Perusahaan data dan kecerdasan buatan, ADA, menganalisa lebih dari 400 ribu aplikasi di Asia dan satu juta lokasi yang biasa dikunjungi individu selama pandemi berlangsung.

Temuan data scientists ADA ini menyebutkan bahwa perubahan drastis pada rutinitas harian masyarakat menghasilkan perilaku konsumen baru yang disebut sebagai Crisis Persona.

"Penerapan social dan physical distancing sampai isolasi mandiri gerakan sosial tidak membuat hidup kita berhenti. Banyak konsumen telah beradaptasi dengan cepat dan terus melakukan apa yang telah mereka lakukan. Tentu dengan cara digital. Baik itu bekerja, belajar, olahraga dan sebagainya," ujar Managing Director ADA untuk Indonesia, Kirill Mankovski, dalam video conference, Kamis, 30 April 2020.

Ia menyebutkan, berdasarkan data ADA, pada akhir Februari hingga pekan ketiga Maret 2020, aktivitas di kawasan pusat bisnis Jakarta mengalami penurunan sebesar 53 persen.

Perubahan perilaku ini juga berakibat pada jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan dan restoran cepat saji. Kirill mengatakan bahwa kunjungan ke sejumlah mal di Jakarta menurun hingga 50 persen sejak 15 Maret jika dibandingkan awal tahun ini.

Mural Lawan Virus Corona

Sejumlah produsen produk melakukan berbagai cara supaya roda penjualan mereka jalan. Salah satunya Soul Electronics.

Produsen produk audio dan gadget asal Amerika Serikat (AS) putuskan untuk banting harga alias menggelar diskon gede-gedean hingga 89 persen dan harga spesial untuk beberapa produknya lewat Program Mega Brand Day Promo, mulai 30 April hingga 2 Mei 2020.

Menurut Brand Manager Soul, Jose Steffie Ramona Sari, produk yang mendapat diskon hingga 89 persen dapat dibeli dalam jumlah berapa pun. Akan tetapi berbeda halnya dengan produk harga spesial yang hanya tersedia dalam jumlah terbatas.

“Produk dengan harga spesial adalah Soul Power Bank Fast Charging yang dibanderol cuma Rp20 ribu dan Soul Open Ear seharga Rp50 ribu. Kalau dipresentasekan harga itu sama dengan diskon lebih dari 90 persen,” ungkapnya.

Kedua produk ini dijual sejak hari pertama promo. Karena, menurut Jose, hanya disediakan dalam jumlah sangat terbatas. Ia pun menyarankan agar peminat melakukan checkout secepatnya setelah promo dibuka. Selain itu mereka juga menawarkan program namakan Deals of The Day dengan mega diskon yang bahkan lebih menguntungkan.

Produk yang mendapat mega diskon adalah salah satu produk best seller international Soul, yakni Earphone TWS Soul Emotion 2, di mana untuk harga normalnya senilai Rp1,5 juta dan kini bisa dibeli seharga Rp465 ribu. "Produk ini stoknya cukup banyak dan tidak ada batas pembelian," jelas Jose.