Tekno

Yeay! PlayStation 5 Dirilis 2020, Fiturnya Berubah Banget

Yeay! PlayStation 5 Dirilis 2020, Fiturnya Berubah Banget

VIVA – Yeay ada kabar bagus nih gamer, PlayStation 5 akan segera hadir tahun depan. Sony mengonfirmasi kehadiran konsol game populer berikutnya itu akan dirilis pada musim liburan 2020.

Sony menyebutkan PlayStation 5 bakal hadir dengan sejumlah perubahan. Paling utamanya adalah mengganti teknologi ‘rumble’ yang Sony gunakan sejak PlayStation original dengan teknologi haptic feedback baru, dilansir laman The Verge, Rabu 9 Oktober 2019.

Perubahan besar lain adalah teknologi  'adaptive triggers', yang akan hadir pada tombol R2 atau L2 pada controller PlayStation 5. Menurut Sony, pengembang akan mampu memberikan sensasi yang lebih berbeda dari sebelumnya. Contohnya pengguna bisa merasakan ketegangan yang meningkat saat menarik busur.

Fitur yang sama sudah dipatenkan Microsoft pada awal tahun ini pada controller Xbox di masa depan.

Dalam wawancaranya, CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan dan arsitek sistem Mark Cerny merinci detail tambahan soal fitur pada PlayStation 5 tersebut.

"Ada akselerasi ray-tracing pada perangkat keras GPU," ungkap Cerny.

yuk: Menkominfo Minta Jadi Buzzer Pemerintah Dong, Sekali-kali Kompak

Selain itu, Sony mengonfirmasi PlayStation 5 akan menggunakan 100 GB Blu-ray disc. Sebelumnya Sony mengatakan konsol menawarkan disc drive, namun seluruh game harus terpasang di internal SSD saat ini.

SSD super cepat masih menjadi pembaruan terbesar pada perangkat game anyar Sony tersebut. Mereka mengatakan persyaratan pemasangan karena ada perbedaan kecepatan antara drive optik dan solid-state internal.