Bisnis

5 Bisnis Ini Cetak Cuan Selama Pandemi COVID-19

5 Bisnis Ini Cetak Cuan Selama Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 mendorong kemunculan lebih banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, termasuk di platform e-commerce. Berdasarkan data Tokopedia, ada peningkatan jumlah penjual dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, berkomitmen mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

"Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi COVID-19, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting," kata dia, Sabtu, 6 Maret 2021. Ekhel membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat.

Makanan dan Minuman

Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir tahun lalu dengan peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik, dan beras.