Bisnis

Bakrie & Brothers Siap Suplai Bus Listrik untuk TransJakarta

Bakrie & Brothers Siap Suplai Bus Listrik untuk TransJakarta

PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) melalui anak usahanya, PT Bakrie Autoparts, menyatakan siap menyediakan 70 unit bus listrik untuk memenuhi target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengadakan sebanyak 100 unit bus listrik di tahun 2021 ini.

Presiden Direktur BNBR, Anindya N. Bakrie mengatakan, unit bus listrik yang akan diproduksi ini nantinya berupa Completely Knocked Down (CKD), yang akan dirakit oleh perusahaan perakitan atau karoseri lokal.

"Saat ini Bakrie Autoparts telah menyelesaikan pengerjaan satu unit bus listrik di perusahaan karoseri tersebut, dan siap menerima pesanan dari Transjakarta," kata Anindya dalam telekonferensi, Jumat 25 Juni 2021.

Anindya menambahkan, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan produsen dan penyedia charger lokal untuk kebutuhan operasional bus listrik tersebut. Hal ini dilakukan demi mengedepankan peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebagaimana yang kerap digembar-gemborkan oleh pemerintah.

"Produsen charging station ini juga sudah siap untuk produksi massal, dan sudah memenuhi aturan perlistrikan yang berlaku," ujar Anindya.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar

Anindya menambahkan, akhir tahun ini perseroan berencana untuk melakukan groundbreaking fasilitas kendaraan listrik, di atas lahan seluas lima hektare di wilayah Bakauheni, Lampung. Fasilitas assembly line ini konstruksinya direncanakan akan berlangsung selama enam bulan, dengan nilai investasi sekitar US$50 juta.