Bisnis

Bank BJB dan Bank Mantap Salurkan Kredit Term Loan Facility Rp500 M

Bank BJB dan Bank Mantap Salurkan Kredit Term Loan Facility Rp500 M

Bank BJB dan Bank Mantap berkolaborasi dalam upaya penyaluran kredit Term Loan Facility senilai Rp500 miliar, dengan jangka waktu 18 bulan. Hal ini disebut untuk mendorong laju perekonomian di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Dihimpun VIVA dari berbagai sumber, term loan facility adalah pinjaman nonrevolving untuk pembiayaan investasi secara terstruktur sesuai kebutuhan. Pengembaliannya dapat dicicil atau diangsur sesuai kemampuan keuangan debitur.

Beberapa bank ada yang memberikan model pembayaran angsuran hanya mencakup bunga saja. Sedangkan angsuran pokok dan bunganya bisa dimulai saat grace period berakhir.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB, Widi Hartoto menjelaskan, penyaluran pembiayaan ini merupakan langkah proaktif pihaknya, dalam memperkuat jalinan sinergi dan kolaborasi untuk kepentingan bersama.

"Fasilitas kredit ini juga akan mendorong Bank Mantap dalam melakukan ekspansi usaha, yang pada gilirannya juga akan mendorong pergerakan ekonomi secara lebih luas," kata Widi dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 24 September 2020.

Indonesia Resesi, Dahlan Iskan: Pemerintah Sebaiknya Cerita Apa Adanya

Dia menjelaskan, kerja sama pembiayaan antarinstitusi ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan oleh Bank BJB di sepanjang tahun 2020.

Sebelumnya, penyaluran pembiayaan untuk penguatan lembaga usaha juga sudah dilakukan di berbagai sektor produktif.

"Kami akan terus berperan aktif di industri perbankan, dengan membuka peluang kerja sama pemberian Term Loan Facility bagi perbankan lain," ujarnya.

CFO Bank Mantap, Fajar Ari Setiawan menambahkan, dana segar dari Term Loan Facility ini akan digunakan oleh Bank Mantap, sebagai instrumen untuk ekspansi bisnis. "Terutama untuk penyaluran kredit di sektor UMKM, serta pensiunan ASN dan TNI/Polri," kata Fajar.

Dia mengatakan, penyaluran kredit di Bank Mantap pada posisi akhir Agustus 2020 mencapai Rp23,70 triliun, atau tumbuh 26,8 persen secara tahunan.

Karenanya, kerja sama ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali gairah ekonomi, sehingga bisa berdampak optimal dan dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

"Pada akhir Agustus 2020, posisi Loan to Funding Ratio (LFR) Bank Mantap dengan posisi 90,19 persen. Diharapkan dengan kerja sama Term Loan Facility dengan pihak Bank BJB ini, dapat menekan rasio LFR dengan proyeksi akhir tahun 2020 di angka 90 persen," ujarnya.