Bisnis

Kemenhub: Mobilitas Masyarakat via Transportasi Udara Turun 70 Persen

Kemenhub: Mobilitas Masyarakat via Transportasi Udara Turun 70 Persen

Kementerian Perhubungan menegaskan pengetatan syarat perjalanan saat libur Hari Raya Idul Adha sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus COVID-19. Hal itu sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi.

Sebelumnya, Kemenhub juga sudah menurunkannya dalam bentuk Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) untuk semua moda transportasi.

"Dan sebenarnya efeknya cukup signifikan menurunkan mobilitas masyarakat yang menggunakan transportasi umum. Saya bisa sampaikan datanya bahwa untuk transportasi angkutan udara ya bahkan turunnya sampai 70 persen dibandingkan sebelum pemberlakuan Surat Edaran (Satgas COVID-19) Nomor 14 (Tahun 2021)," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam jumpa pers, Sabtu malam.

Sementara untuk penurunan penggunaan angkutan darat mencapai 40 persen, angkutan penyeberangan 39 persen, angkutan laut turun 40 persen dan angkutan kereta api antarkota maupun perkotaan bahkan turun sampai 80 persen.