Bisnis

Pemerintah Diminta Gerak Cepat Genjot Ekonomi Hijau, Begini Caranya

Pemerintah Diminta Gerak Cepat Genjot Ekonomi Hijau, Begini Caranya

Presiden Joko Widodo menegaskan, dalam jangka ke depannya, Indonesia harus mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki dalam mengembangkan green product dan green economy atau ekonomi hijau.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah diminta segera membuat kebijakan yang berpihak pada implementasi ekonomi hijau. Hal ini mendesak karena di masa pandemi, ekonomi hijau bisa menjadi salah satu solusi mengatasi krisis.

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengungkapkan, selain baik untuk kelestarian lingkungan, ekonomi hijau memiliki peluang lainnya yaitu menciptakan lapangan kerja baru di yang sesuai dengan prinsip tersebut atau green jobs.

Mendag Lutfi Sebut Ada Predator Harga di E-Commerce Indonesia

"Pemerintah melahirkan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada green jobs," ujar Rahmad dikutip dari keterangannya, Kamis 25 Februari 2021.

Rahmad menjelaskan, green jobs membuka peluang usaha yang membantu melindungi ekosistem, mengurangi atau mencegah pembuatan segala bentuk limbah dan polusi. Kemudian, mengurangi energi, materi, dan konsumsi air melalui strategi yang memiliki tingkat efisiensi tinggi.

Meski demikian dia menyadari, penciptaan green jobs tidak hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Perlu kerja sama dari berbagai pihak seperti pelaku usaha dan masyarakat.