Bisnis

Produk HPTL Butuh Regulasi Khusus, Ini yang Perlu Diatur

Produk HPTL Butuh Regulasi Khusus, Ini yang Perlu Diatur

Pemerintah terus didorong untuk membuat regulasi yang proporsional dan spesifik yang mengatur produk hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL). Sebab, produk HPTL seperti vape, rokok elektrik, dan snus memiliki profil risiko yang lebih rendah dibanding rokok.

Hal itu juga dijabarkan oleh Direktur Kajian dan Riset Pusat Studi Konstitusi dan Legislasi Nasional (Poskolegnas) Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Fathudin Kalimas. menurutnya, regulasi bagi produk HPTL bertujuan sebagai salah satu strategi untuk membantu menurunkan jumlah perokok di tengah tingginya prevalensi merokok di Indonesia.

“Ini cukup penting khususnya sebagai salah satu strategi untuk menurunkan prevalensi perokok yang menjadi tantangan pemerintah,” kata Fathudin dikutip dari keterangannya, Rabu, 21 Juli 2021.

Akan tetapi, ia menekankan, yang perlu diingat ialah aturan tersebut harus spesifik ditujukan bagi produk HPTL. Hal yang perlu diatur terkait HPTL antara lain ketersediaan akses untuk mendapatkan produk HPTL bagi perokok dewasa, pembatasan usia pengguna (tidak untuk anak di bawah umur 18 tahun), dan peringatan kesehatan yang harus disesuaikan dengan profil risiko yang dimiliki.