Bisnis

Startup Ini Bantu Brand dan UKM Jual Beli Langsung via WhatsApp

Startup Ini Bantu Brand dan UKM Jual Beli Langsung via WhatsApp

JAKARTA, - Perusahaan rintisan ( startup) e-commerce enabler Sirclo meluncurkan Sirclo Chat.

Layanan ini memungkinkan brand dan pemilik usaha kecil menengah melakukan jual-beli langsung melalui percakapan WhatsApp.

“Kami melihat adanya pertumbuhan tren pesat di kalangan konsumen Indonesia, yaitu jual-beli berbasis percakapan (chat commerce). Mereka ingin membeli produk semudah melakukan chatting atau ngobrol dengan admin toko online," kata Brian Marshal, CEO Sirclo dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020).

Brian menjelaskan, layanan Sirclo Chat memungkinkan penjual untuk mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk mereka dalam chat room WhatsApp, di mana konsumen dapat langsung melakukan pembelian tanpa berpindah aplikasi.

Menurut Digital 2019 Report dari Hootsuite dan We Are Social, Whatsapp merupakan aplikasi kedua yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dengan total pengguna aktif sebesar 150 juta akun. Satu orang dapat memiliki beberapa akun aktif.

Diperkirakan jumlah pengguna Whatsapp mencapai 120 juta orang, yang berarti bahwa 80 persen dari semua pengguna media sosial di Indonesia sudah menggunakan aplikasi pesan tersebut.

Penetrasi Whatsapp yang tinggi ini menyebabkan pergeseran perilaku konsumen, dimana konsumen menginginkan admin toko online untuk bersikap responsif dan akomodatif di Whatsapp. Tren ini yang mengawali chat commerce, atau transaksi jual-beli berbasis percakapan.

Semakin baik respon admin Whatsapp, semakin praktis proses jual-beli, maka kepercayaan dan kepuasan konsumen pun ikut meningkat.

“Pada dasarnya, konsumen Indonesia menyukai transaksi jual-beli dengan sentuhan personal. Mereka ingin bertanya-tanya langsung mengenai spesifikasi produk, mekanisme pengiriman, dan hal-hal lain yang mungkin lebih rumit jika dilakukan via kanal e-commerce," ungkap Leontinus Pradhana, Chief Product Officer Sirclo.