Internasional

Bertemu Presiden Trump, Dubes RI Sampaikan Komitmen Kerja Sama Tangani Pandemi Covid-19

Bertemu Presiden Trump, Dubes RI Sampaikan Komitmen Kerja Sama Tangani Pandemi Covid-19

JAKARTA, - Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi, berkomitmen untuk memperkuat kerja sama Indonesia-AS dalam penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan Lutfi saat bertemu Presiden Donald Trump di Gedung Putih pada, Jumat (18/9/2020) untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo.

"Sebagai Duta Besar Indonesia untuk AS, saya berkomitmen untuk memajukan kerja sama Indonesia-AS dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masa-masa sulit ini," kata Lutfi dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Menurut Lutfi, Indonesia dan AS selama ini memiliki hubungan kemitraan yang baik.

Dalam kesempatan itu, Lutfi pun menyampaikan apresiasi atas dukungan AS dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan komitmen AS mendukung pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

Ia berharap kerja sama Indonesia-AS terus maju, khususnya di bidang ekonomi, maritim, pertahanan, dan keamanan, serta hubungan antarwarga negara.

"Saya juga siap berkolaborasi dengan mitra kerja dari berbagai kalangan di AS untuk terus memperkuat hubungan ekonomi, maritim, pertahanan dan keamanan, serta people-to-people contact," ujarnya.

Lutfi mengatakan, banyak potensi kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia dan AS yang dapat dieksplorasi kedua negara.

"Tujuan strategis saya adalah mendorong hubungan bilateral RI-AS ke tingkat yang lebih tinggi, utamanya mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi dua arah yang lebih kuat antara Indonesia dan AS dengan lebih jauh mengeksplorasi potensi yang masih sangat terbuka lebar,” ucap Lutfi.

Acara penyerahan surat kepercayaan ini merupakan tanda dimulainya secara resmi tugas Lutfi sebagai Dubes RI untuk AS.

Lutfi menggantikan Mahendra Siregar yang menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri sejak Oktober 2019.

Lutfi dilantik sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) oleh Presiden Jokowi pada Senin (14/9/2020).