Internasional

Jika Biden Menang, Fadli Zon Harap Politik Luar Negeri AS Berubah

Jika Biden Menang, Fadli Zon Harap Politik Luar Negeri AS Berubah

Hasil Pilpres AS saat ini masih menjadi sorotan dunia. Ketatnya persaingan dua kandidat yakni Joe Biden dengan petahana Donald Trump. Termasuk yang menyoroti adalah politikus Tanah Air.

Seperti disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Anggota Komisi I DPR itu sebelumnya menjagokan Trump sebagai pemenang Pilpres AS. Tapi, melihat saat ini, ia menyadari bahwa Biden saat ini tengah unggul.

Setelah kemenangan Biden di Michigan dan Wisconsin, menurutnya, hampir tak ada lagi harapan untuk Trump.

"Luar biasa pertarungan ketat Pilpres AS. Tak ada yang menang telak. Dengan kekalahan Trump di Michigan dan Wisconsin hampir tak ada harapan. Biden kini berpotensi menang," kata Fadli dalam akun Twitter-nya @Fadlizon yang dikutip Jumat, 6 November 2020.

 Donald Trump: Setop Penghitungan Suara

Dengan keunggulan sementara ini, Fadli memprediksi Biden akan keluar sebagai pemenang. Dia pun memiliki sejumlah harapan kepada Biden, salah satunya terkait arah politik luar negeri Amerika Serikat.

"Mudah-mudahan kalau Biden terpilih, ada perubahan arah politik luar negeri AS. Khususnya soal Palestina dan Timur Tengah," ujar wakil ketua DPR periode 2014-2019 itu.

Sejak Trump menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, sikap AS terhadap Palestina berat sebelah. Salah satunya terlihat saat pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Pada 2017, Trump juga memotong bantuan badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang mengurus pengungsi Palestina. Selain itu, AS di bawah kepemimpinan Trump mengumumkan menutup kantor perwakilan Organisasi Pembebasan Palestina atau Palestinian Liberation Organization (PLO) di Washington DC.