Internasional

Mendag Minta Mahasiswa Indonesia di Inggris Siap Mengabdi bagi RI

Mendag Minta Mahasiswa Indonesia di Inggris Siap Mengabdi bagi RI

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berdialog dengan 180 mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Greater Manchester, Inggris, dan menyerukan semangat juang agar mereka selalu mengabdi kepada bangsa, kapan pun dan di mana pun.

“Anda tidak bisa bilang tidak jika negara membutuhkanmu,” kata Mendag Lutfi dalam dialog yang berlangsung virtual pada Minggu (28/2), seperti disampaikan dalam rilis KBRI London, Selasa.

Dalam paparannya, Mendag menjelaskan mengenai strategi yang perlu dilakukan Indonesia ke depan, terutama untuk peningkatan perdagangan Indonesia dengan seluruh negara di dunia.

Menurut dia, tren global pada 2045 akan menjadi tantangan sekaligus peluang tersendiri bagi Indonesia, mulai dari proyeksi populasi demografi di tahun 2045, shifting mata uang menjadi mata uang regional dan mata uang digital atau cryptocurrency, persaingan sumber daya alam, perubahan iklim, kemajuan teknologi, serta perubahan geopolitik.

Dari sisi demografi, kelas menengah akan mendominasi dan menjadi motor pertumbuhan ekonomi, dengan syarat Indonesia harus mengatasi jebakan pendapatan kelas menengah dengan cara membangun infrastruktur, teknologi, dan transportasi agar dapat bersaing dengan negara lain.

Lebih lanjut Lutfi menjelaskan bahwa Indonesia saat ini berhasil meningkatkan ekspor dalam bentuk produk setengah jadi dan produk jadi, sehingga tidak hanya mengekspor bahan mentah.