Kesehatan

10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin COVID-19 Sinovac Tahap Keempat Tiba di Soekarno-Hatta

10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin COVID-19 Sinovac Tahap Keempat Tiba di Soekarno-Hatta

, Jakarta - Sejumlah bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac untuk pengiriman tahap keempat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa, 2 Februari 2021. Menurut keterangan yang diterima Liputan6.com, vaksin tiba sekitar pukul 09.30 WIB.

Jika vaksin COVID-19 terdahulu diangkut dengan maskapai Garuda Indonesia, pada pengiriman keempat ini vaksin diangkut menggunakan maskapai Singapore Airlines dengan nomor SQ 0801.

Diketahui, vaksin-vaksin pesanan PT Bio Farma itu diangkut dari Beijing pukul 00.10 waktu setempat dan transit terlebih dahulu di Singapura. Setibanya di Bandara Soetta, Cengkareng, vaksin kemudian dipindahkan ke dalam kotak pengangkut berpendingin Envirotainer untuk selanjutnya disimpan di gudang lalu diantar ke Bandung.

"Hari ini ada 10 juta vaksin ditambah 10 juta bahan baku vaksin, ditambah 1 juta overfill," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg Oscar Primadi, MPH mengatakan, ada 10 juta dosis bahan baku vaksin ditambah 1 juta overfill yang tiba pada hari ini.

Hingga saat ini, Oscar mengatakan, ada 28 juta vaksin dan calon vaksin yang tersedia di Tanah Air.

"Ketersediaan vaksin yang aman dan kemudian juga sesuai dengan skema pemerintah kita lakukan berkat koordinasi yang cukup baik dengan semua pihak, termasuk dengan pihak Sinovac," tutur Oscar, di Cengkareng, Selasa, 2 Februari 2021.

*Judul maupun isi artikel ini telah direvisi pada Selasa, 2 Februari 2021, pukul 11.45 WIB.