Kesehatan

Agar Tak Cepat Haus Lagi, Sebaiknya Minum Apa Saat Sahur?

Agar Tak Cepat Haus Lagi, Sebaiknya Minum Apa Saat Sahur?
Jakarta -

Menjaga dan mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan merupakan hal yang penting. Hal itu dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga meski tubuh tidak mendapatkan makanan dan minuman selama 12 jam lebih.

Selain itu, kini umat muslim di seluruh dunia juga menjalankan bulan puasa di tengah kondisi pandemi COVID-19. Dalam kondisi tersebut, penting untuk imunitas tubuh tetap terjaga agar tidak terinfeksi virus corona.

Tingkat cairan tubuh berpengaruh kepada kondisi dan ketahanan tubuh untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Mengonsumsi cairan yang cukup dapat menghindarkan tubuh dari sakit kepala, dehidrasi, pusing dan kelelahan.

Canel Oner seorang ahli diet dari Universitas Medipol mengatakan bahwa seseorang harus minum minimal 2 liter air setiap hari, maka saat berbuka puasa harus minum satu atau dua gelas air dan kemudian minum sisanya sampai sahur.

Tips mengatur minum saat puasaTips mengatur minum saat puasa Foto: Infografis detikHealth

Seringkali saat membahas asupan selama berpuasa, orang-orang berfokus kepada makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa. Tetapi, menyepelekan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Beberapa orang menganggap apa yang membuat dahaga atau rasa haus hilang, otomatis dianggap cukup untuk dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa.

Padahal beberapa minuman justru harus dihindari untuk kelancaran menjalankan puasa seharian. Sedangkan, beberapa minuman lainnya juga diketahui memberikan kesegaran yang lebih lama pada tubuh.

Air putih

Canel Oner juga menjelaskan air yang baik dikonsumsi selama berpuasa bukan hanya air putih saja. Tetapi, terdapat beberapa minuman lainnya juga yang amat baik dikonsumsi selama berpuasa. Minuman-minuman tersebut dapat membuat tubuh terhidrasi dengan lama dan menjadi segar.

Susu dan yoghurt

Ia memaparkan minuman yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa adalah susu dan yoghurt. Minuman tersebut dianggap baik untuk dikonsumsi saat berpuasa karena dapat memenuhi kebutuhan cairan dan protein bagi tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"