Kesehatan

Balita Terpapar COVID-19 Bisa Alami Gejala Berat hingga Meninggal

Balita Terpapar COVID-19 Bisa Alami Gejala Berat hingga Meninggal

, Jakarta Bukan hanya orang lanjut usia, bayi dan balita menjadi kelompok rentan bila terinfeksi COVID-19. Selain karena kekebalan tubuh mereka sedang berkembang, SARS‑CoV‑2 ini dinilai para dokter dan ahli kesehatan merupakan jenis baru yang berbeda dengan virus yang ada sebelumnya.

Seperti disampaikan dr Ellen Wijaya, SpA, respons kekebalan tubuh anak terhadap virus ini berbeda.   Hal ini menyebabkan gejala yang muncul pada anak bisa lebih berat karena mungkin kesehatan anak belum optimal.

"Dewasa sama anak respons tubuhnya berbeda. Kalau reseptor dewasa lebih sensitif terhadap virus baru hingga bisa menyebabkan inflamasi atau dikenal badai sitokin. Pada anak juga bisa lebih berat karena kebanyakan kasus, balita belum mendapat imunisasi sempurna," jelas Ellen dalam Media Discussion RSPI - Serba-serbi Vaksinasi Anak, Kunci Jitu Menjaga Imun Tubuh si Kecil.

Menurut dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Jakarta ini juga, kekebalan tubuh anak di bawah 5 tahun belum matang. Sehingga baiknya orang tua melengkapi minimal imunisasi dasar.

"Kebanyakan yang terpapar virus di bawah 5 tahun karena imunitas belum sempurna, mereka rentan sama virus yang ada bukan cuma COVID-19 saja."