Kesehatan

Cara Menghilangkan Sakit Perut Akibat Haid Secara Alami Tanpa Obat

Cara Menghilangkan Sakit Perut Akibat Haid Secara Alami Tanpa Obat
Jakarta -

Sakit perut akibat haid bisa terjadi sangat parah. Hal itu bahkan terjadi setiap bulan sesuai siklus.

Saat sakit perut melanda, para wanita bisa kesulitan untuk melakukan kehidupan sehari-hari. Beberapa wanita memilih meminum obat agar sakit perut akibat haid bisa mereda.

Namun ada juga yang enggan minum obat karena disebut dapat dapat berimplikasi susah hamil. Karena itu, ada beberapa cara mengatasi sakit perut akibat haid secara alami tanpa minum obat.



Berikut cara menghilangkan sakit perut haid alami tanpa obat seperti dilansir situsweb Heathline:

1. Kompres Perut dengan Botol Kompres

Menggunakan botol kompres pada perut dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim Anda. Otot-otot inilah yang menyebabkan kram menstruasi. Panas di botol kompres dapat meningkatkan sirkulasi di perut Anda, yang dapat mengurangi rasa sakit.

Menurut sebuah studi, memakai kompres perut untuk kram sebenarnya lebih efektif daripada menggunakan penghilang rasa sakit, seperti asetaminofen. Selain efektif mengurangi rasa sakit dan kram, penelitian ini juga menunjukkan bahwa peserta yang menggunakan kompres perut memiliki lebih sedikit kelelahan dan perubahan suasana hati.

Anda dapat membeli kompres perut di toko obat sekitar rumah atau membelinya secara online. Namun menggunakan kompres perut merupakan pilihan yang baik jika Anda menghabiskan waktu di rumah dan tidak perlu banyak bergerak.

2. Pijat Perut Dengan Minyak Esensial

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa minyak esensial dapat membantu meringankan nyeri haid saat dipijat ke perut. Terutama jika minyak esensial digunakan dengan beberapa campuran.

Minyak yang efektif dalam mengurangi sakit perut karena haid yakni minyak atsiri, lavender, mawar, kayu manis, dan cengkeh. Anda dapat menemukan minyak itu secara online, atau di toko kesehatan setempat. Beberapa toko obat juga sering menjualnya minyak itu.

Sebelum menggunakan minyak esensial, Anda ingin mencampurkannya dengan minyak kelapa atau minyak jojoba. Setelah campuran minyak siap digunakan, gosokkan beberapa tetes di antara tangan Anda dan pijat perut Anda dengan lembut.

Para ahli mengatakan memijat dengan gerakan memutar hanya lima menit sehari sebelum dan selama menstruasi dapat membantu mengurangi sakit perut akibat haid.

3. Berolahraga

Latihan aerobik intensitas rendah hingga sedang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit perut akibat haid. Dalam studi ini disebutkan para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang melakukan latihan aerobik 30 menit tiga hari seminggu, selama delapan minggu, menunjukkan pengurangan yang signifikan pada sakit perut akibat haid.

4. Berendam

Berendam di bak mandi hangat adalah cara lain menghilangkan sakit perut akibat haid secara alami tanpa obat (https://www.detik.com/tag/nyeri-haid). Air rendaman dapat ditambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau mawar ke dalam bak mandi Anda. Cobalah untuk bersantai dengan berendam dengan air hangat selama setidaknya 15 menit untuk mendapatkan manfaat maksimal dari itu.


5. Lakukan Yoga

Yoga dapat membantu mengurangi sakit perut akibat haid. Dalam studi ini, para ahli menemukan bahwa wanita yang berpartisipasi dalam kelas yoga 60 menit seminggu sekali selama 12 minggu menunjukkan pengurangan yang signifikan pada nyeri haid mereka.

Jika Anda ingin mencoba yoga, cari kelas dengan komponen fisik dan komponen relaksasi. Penelitian menunjukkan kombinasi ini paling efektif untuk mengurangi rasa sakit akibat sakit perut karena haid.


6. Hindari Kafein dan Makanan Asin

Sebaiknya hindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan retensi air, kembung saat sakit. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika Anda mengalami sakit perut akibat haid adalah makanan asin, kafein, alkohol, dan makanan berlemak. Menurut sebuah studi, diet vegetarian rendah-lemak dapat membantu mengurangi nyeri haid dan gejala pramenstruasi (PMS).

7. Banyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan sakit perut akibat haid berikutnya yakni banyak-banyak minum air putih. Menurut para ahli, Anda lebih mungkin mengalami kram perut jika Anda mengalami dehidrasi. Usahakan untuk minum delapan gelas air per hari. Anda akan membutuhkan lebih banyak jika Anda sakit panas, berolahraga, atau jika Anda merasa haus.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"

(nwy/pal)