Kesehatan

Cegah Osteoporosis, Perempuan Perlu Menabung Massa Tulang di Usia 30 Tahun Pertama

Cegah Osteoporosis, Perempuan Perlu Menabung Massa Tulang di Usia 30 Tahun Pertama

, Jakarta Pakar Gizi Medik FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, menyarankan para perempuan untuk menabung massa tulang di usia 30 tahun pertama untuk cegah osteoporosis.

Hal ini berkaitan dengan risiko osteoporosis pada perempuan lebih tinggi dari laki-laki. Kehamilan, masa menyusui, dan menopause yang menghilangkan hormon estrogen disebut sebagai beberapa penyebabnya.

“Penurunan massa tulang itu berjalan sesuai usia perempuan. Jadi saat 30 tahun pertama itu adalah masa di mana perempuan harus menabung massa tulang yaitu utamanya kalsium tulang. Jadi, pertumbuhan tulang itu mencapai puncaknya pada usia 30 tahun,” kata Saptawati dalam webinar CDR, Kamis (22/10/2020).

Setelah itu, lanjutnya, akan terjadi kehilangan atau penurunan massa tulang secara berangsur-angsur. Akan terjadi pula menopause yang akan lebih meningkatkan risiko osteopeni dan osteoporosis.

“Dan kalau kita lihat, kenapa makin lama perempuan tinggi badannya makin menyusut atau pendek, itu karena terjadi osteoporosis yang menyebabkan patah tulang pada tulang belakang sehingga tulangnya makin lama makin bongkok.”

Cara menabung massa tulang sejak dini adalah dengan memerhatikan asupan gizi seimbang termasuk konsumsi makanan atau minuman berkalsium seperti susu. Mengingat, vitamin D sangat baik untuk tulang dan dapat berasal dari sinar matahari, maka kegiatan berjemur setiap pagi bisa menjadi pilihan.

Olahraga yang baik, teratur dan sesuai kemampuan juga disarankan guna mempertahankan fungsi tulang. Memperbaiki gaya hidup seperti tidak merokok juga dapat membantu dalam menabung massa tulang hingga usia puncak perkembangan tulang. Konsumsi obat yang berpengaruh pada pengikisan tulang juga perlu dikontrol.