Kesehatan

Dante Saksono Diangkat Wamenkes, Budi Gunadi Sadikin Saja Tak Cukup?

Dante Saksono Diangkat Wamenkes, Budi Gunadi Sadikin Saja Tak Cukup?
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk ahli molekuler diabetes, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan, dilantik pagi ini, Rabu (23/12/2020). Ahli menilai posisi ini memang diperlukan.

Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin bisa dibilang merupakan Menteri Kesehatan pertama di Indonesia yang tidak memiliki latar belakang medis. Ia bukan dokter melainkan lulusan fisika nuklir yang berkarier di perbankan.

"Nah di situ perlunya ada pendamping yang memahami bahwa health care memang bukan komunitas dagangan seperti halnya layanan hotel, pariwisata, atau layanan jamu, ini berbeda," beber Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof Hasbullah Thabrany saat dihubungi detikcom Rabu (23/12/2020).

Soal Menkes yang bukan dokter, Prof Has menyebut tidak ada masalah. Urusan Menkes bukan cuma suntik-menyuntik, tetapi lebih bersifat manajerial sehingga tidak harus dijabat oleh seorang dokter.

Harapan yang sama juga datang dari Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Dr Masdalina Pane, MSi. Ia berharap adanya Wamenkes bisa ikut membantu memperbaiki birokrasi di sistem kesehatan yang selama ini dinilai terlalu rumit.

"Yang mampu membuat terobosan dan berani melawan mafia industri kesehatan, ini susah," kata Dr Pane saat dihubungi secara terpisah.

Namun, di sisi lain Prof Hasbullah berharap masih ada staf khusus dan dirjen yang bisa memberikan masukan-masukan. Hal ini diharapkan agar setiap keputusan bisa berjalan dengan baik.

"Tapi pada umumnya spesialis tidak dididik untuk memahami kebijakan publik, oleh karena itu masih diharapkan ada tim di bawahnya entah itu staf khusus, atau para staf ahlinya atau para dirjen yang bisa memberikan masukan-masukan yang konsisten," pungkasnya.



Simak Video "Sepak Terjang Dante Saksono, Wamenkes yang Siap Temani Budi Sadikin"

(naf/up)