Kesehatan

Hari Gizi dan Makanan 2021, Pentingnya Nutrisi 1.000 Hari Pertama Anak

Hari Gizi dan Makanan 2021, Pentingnya Nutrisi 1.000 Hari Pertama Anak
Jakarta -

Hari Gizi dan Makanan 2021 akan diperingati pada 25 Januari mendatang. Topik nutrisi 1.000 hari pertama anak menjadi topik penting yang akan dibahas karena bisa mencegah stunting atau gagal tumbuh pada anak.

Adapun, 1.000 hari pertama anak yang dimaksud adalah memerhatikan kecukupan gizi sejak awal kehamilan. Pasalnya, stunting dapat terjadi sejak kehamilan jika terjadi hambatan pertumbuhan pada janin dalam kandungan.

Maka dari itu, baik ibu dan keluarga harus memastikan agar nutrisi yang diperoleh untuk janin tercukupi dengan baik. Misalnya mengonsumsi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral secara seimbang.

Dengan begitu di momen hari Gizi dan Makanan 2021, para ibu bisa memastikan janin dapat tumbuh dan berkembang. Adapun, cara melihat tumbuh kembang janin yang baik bisa dilihat dari pertambahan berat badan yang sesuai dengan usia kehamilan.

Selain itu, mencegah stunting juga dilakukan di periode menyusui. Para ibu harus memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada anak agar tidak kekurangan gizi serta dilanjutkan dengan memberikan Makanan Pendamping (MP-ASI).

Hari Gizi nasional sendiri mulanya diselenggarakan oleh Lembaga Makanan Rakyat pada tahun 1951. Kemudian, acara peringatan tersebut dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Indonesia pada tahun 1970-an sampai dengan sekarang.

Nah, detikers untuk memperingati hari Gizi dan Makanan cari tahu mendalam mengenai stunting serta ciri-cirinya dengan klik DI SINI.



Simak Video "Moms, Kenali Tanda-tanda dan Pencegahan Stunting Pada Anak"

(pay/pal)