Kesehatan

Hati-hati! Ini 4 Gejala Awal Diabetes yang Harus Kamu Waspadai

Hati-hati! Ini 4 Gejala Awal Diabetes yang Harus Kamu Waspadai
Jakarta -

Sebagian besar gejala awal diabetes berasal dari kadar glukosa yang melebihi batas normal dalam darah. Sering kali, pengidap tidak menyadari gejala ringan diabetes yang muncul sampai gejala tersebut sudah semakin parah dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Untuk diabetes 1, gejala biasanya terjadi dengan cepat dalam hitungan hari atau beberapa minggu. Hal ini juga berlaku untuk gejala diabetes 2.

Dikutip dari WebMD, berikut 4 gejala awal terjadinya penyakit diabetes:

1. Mudah lapar dan kelelahan

Tubuh dapat mengubah makanan yang Anda makan menjadi glukosa yang digunakan untuk keperluan sel energi. Pengambilan glukosa untuk tubuh memerlukan insulin.

Jika tubuh kekurangan atau menolak masuknya insulin, tubuh tidak akan mendapatkan glukosa yang cukup. Keadaan ini bisa membuat kita menjadi mudah lapar dan cepat lelah.

2. Lebih sering kencing

Rata-rata orang normal buang air kecil antara 4-7 kali dalam sehari. Mengapa pengidap diabetes dapat kencing lebih banyak dari biasanya?

Tubuh menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Ketika diabetes mendorong gula darah naik, kemungkinan ginjal tidak dapat membawa semua glukosa kembali. Hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak air kencing.

3. Mulut kering

Tubuh menggunakan cairan untuk proses kencing, sehingga kelembapan pada anggota tubuh yang lain dapat berkurang. Biasanya, pengidap akan mengalami dehidrasi dan mulut terasa kering.

4. Penglihatan kabur

Perubahan kadar cairan dalam tubuh bisa membuat lensa mata membengkak. Hal ini bisa merubah bentuk lensa dan menyebabkan penglihatan jadi tidak fokus.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"

(kna/kna)