Kesehatan

Kabar Baik! Vaksin Corona Moderna 96 Persen Efektif di Usia Anak

Kabar Baik! Vaksin Corona Moderna 96 Persen Efektif di Usia Anak
Jakarta -

Vaksin Corona Moderna diklaim 96 persen efektif untuk anak-anak di usia 12 hingga 17 tahun. Data tersebut merupakan hasil awal penelitian yang dirilis pada Kamis (6/5/2021).

Moderna berencana akan segera mengajukan data lengkap ke otoritas obat Amerika Serikat (FDA), setidaknya akhir bulan ini. Data awal vaksin Corona Moderna didapat dari uji coba lebih dari 3 ribu peserta berusia 12 hingga 17 tahun.

"Vaksin dapat ditoleransi dengan baik tanpa adanya masalah keamanan," jelas Moderna, pengembang vaksin COVID-19 berteknologi mRNA, dikutip dari CNBC, Rabu (7/5/2021).

CEO Moderna Stephane Bancel menjelaskan kemungkinan pemberian dosis vaksin Corona Moderna akan membutuhkan suntikan 'booster' di masa datang. Hal ini menanggapi beragam varian Corona yang belakangan ditemukan.

Diharapkan, suntikan 'booster' bisa meningkatkan respons antibodi pasca divaksinasi. Terutama untuk melawan varian B1351 Afrika Selatan hingga varian P-1 yang diyakini lebih 'ganas' daripada strain COVID-19 aslinya.

"Varian baru yang menjadi perhatian terus bermunculan di seluruh dunia. Dan kami yakin bahwa selama enam bulan ke depan, saat Belahan Bumi Selatan memasuki musim gugur dan musim dingin, kami dapat melihat lebih banyak varian kekhawatiran muncul," kata Bancel.

"Kami yakin suntikan 'booster' akan dibutuhkan karena kami yakin virus tidak akan hilang."



Simak Video "Harga Vaksin COVID-19 Moderna Berkisar Rp 350 Ribu"

(naf/up)