Kesehatan

Menkes Budi: 10 Orang di Indonesia Terpapar Mutasi Virus Corona Seperti di India

Menkes Budi: 10 Orang di Indonesia Terpapar Mutasi Virus Corona Seperti di India

, Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa sebanyak 10 orang di Indonesia dilaporkan terpapar varian dari mutasi baru Virus Corona di India. Diketahui, ada dua varian virus Corona yang menyebabkan lonjakan kasus di India yakni B117 dan B1617 yang merupakan varian lokal negara tersebut.

"Mutasi virus baru ini meningkatkan kasus COVID-19 di India, termasuk juga di Indonesia ada 10 orang yang sudah terkena virus tersebut," kata Budi tanpa menjelaskan lebih rinci varian mana yang telah ditemukan di Indonesia, usai Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 26 April 2021.

"Dari 10 orang, 6 di antaranya adalah impor masuk dari luar negeri (imported case), sedangkan 4 lainnya adalah transmisi lokal."

Empat orang yang tertular lewat transmisi lokal terdiri dari dua orang di Sumatera, satu orang di Jawa Barat, dan satu orang di Kalimantan Selatan.

"Jadi, untuk provinsi-provinsi di Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan, kita akan menjadi lebih sangat hati-hati untuk melihat apakah ada (lagi) mutasi baru (virus Corona) tersebut atau tidak," Budi Gunadi melanjutkan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.