Kesehatan

Menkes Budi: Pengurangan Insentif Tenaga Kesehatan Masih Akan Didiskusikan

Menkes Budi: Pengurangan Insentif Tenaga Kesehatan Masih Akan Didiskusikan

, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pengurangan insentif tenaga kesehatan masih akan didiskusikan lebih lanjut dengan Kementerian Keuangan. Kabar insentif tenaga kesehatan mencuat dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No. S-65/MK.02/2021.

Surat ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani tertanggal 1 Februari 2021, yang ditujukan kepada Budi Gunadi.

Adapun surat Menteri Keuangan ini dikirimkan menindaklanjuti surat Menteri Kesehatan No.KU.01.01/Menkes/62/2021 pada 21 Januari 2021 tentang 'Permohonan Perpanjangan Pembayaran Insentif Bulanan dan Santunan Kematian bagi Tenaga Kesehatan dan Peserta PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) yang menangani COVID-19.'

"Saya tadi pagi (Rabu, 3 Februari 2021) ada rapat dengan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Menkeu. Jadi, Saya sudah bicara dengan beliau. Kesimpulannya begini, nanti akan didiskusikan lagi," terang Budi saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Di sisi lain, Komisi IX DPR RI mendesak Kemenkes berkoordinasi dengan Kemenkeu untuk tidak melakukan pemotongan insentif tenaga kesehatan.

"Aspirasi ini ditangkap Kemenkeu dan kami akan diskusikan lagi. Anggaran di Kemenkeu memang sudah kena  batas yang diberikan izinnya oleh DPR Komisi Anggaran," imbuh Budi Gunadi.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.