Kesehatan

Menunggu Restu BPOM, Bagaimana Kelanjutan Vaksin Nusantara dr Terawan?

Menunggu Restu BPOM, Bagaimana Kelanjutan Vaksin Nusantara dr Terawan?
Jakarta -

Vaksin Nusantara yang diprakarsai oleh mantan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto telah menyelesaikan uji klinis fase 1. Namun, hingga kini hasilnya masih dikaji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga belum jelas kelanjutannya.

BPOM hingga saat ini belum memberikan 'lampu hijau' kepada tim peneliti vaksin Nusantara untuk lanjut ke uji klinis ke fase 2.

Menurut Kepala BPOM Penny K Lukito, hingga saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut dengan para peneliti terkait hasil uji klinis fase 1 vaksin Nusantara. Padahal, BPOM telah meminta tim peneliti untuk segera membahas kelanjutan vaksin ini.

"Mengapa PPUK (persetujuan pelaksanaan uji klinik) yang kedua belum, karena kita belum selesai dalam membahas bersama tim peneliti dari fase pertama," kata Penny dalam raker Komisi IX DPR RI, Rabu (10/3/2021).

"Dan itulah yang kami minta dan sudah sangat lama sekali kami minta. Tapi tidak merespons dengan cepat, malahan banyak sekali gerakan," tambahnya.

Meski begitu, Penny menjelaskan bahwa saat ini BPOM dan tim peneliti telah menyepakati waktu untuk melakukan pembahasan terkait kelanjutan vaksin Nusantara, yakni pada 16 Maret mendatang.

"Jadi kita baru sepakat bahwa akan tanggal 16 Maret, jadi saya kira bersabar berikan waktu untuk ada proses dengan tim penelitinya sebagai bagian dari proses kita mereview fase uji klinik satu sebelum bisa berlanjut ke fase kedua, yang akan dilakukan pada tanggal 16 tersebut," tuturnya.



Simak Video "Serba-serbi Vaksin Nusantara Besutan Eks Menkes Terawan"

(ryh/up)