Kesehatan

Orang dengan Golongan Darah O Risiko Kena COVID-19 Lebih Rendah

Orang dengan Golongan Darah O Risiko Kena COVID-19 Lebih Rendah

, Jakarta Dua penelitian yang diterbitkan baru-baru ini menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terkena COVID-19 dibanding golongan darah lain.

Selain itu, orang dengan golongan darah O memiliki kemungkinan mengalami gejala ringan atau tidak terlalu parah jika terinfeksi COVID-19.

Melansir Science Alert, salah satu studi baru menemukan bahwa pasien COVID-19 dengan tipe darah O atau B lebih sebentar di unit perawatan intensif (ICU) daripada rekan mereka dengan tipe A atau AB. Mereka juga cenderung tidak membutuhkan ventilator dan cenderung tidak mengalami gagal ginjal.

Kedua studi baru tersebut keluar pada Rabu di jurnal Blood Advances. Salah satu penelitian mengamati 95 pasien COVID-19 yang sakit kritis di rumah sakit di Vancouver, Kanada, AS antara Februari dan April.

Mereka menemukan bahwa pasien dengan golongan darah O atau B rata-rata menghabiskan 4,5 hari lebih sedikit di unit perawatan intensif dibandingkan dengan mereka yang memiliki darah golongan A atau AB. Sementara itu, kelompok bergolongan darah A dan AB berada di ICU selama 13,5 hari. Namun, para peneliti tidak melihat adanya hubungan antara golongan darah dan lama pasien dirawat di rumah sakit.

Walau demikian, peneliti menemukan bahwa hanya 61 persen pasien dengan golongan darah O atau B yang membutuhkan ventilator. Sementara, 84 persen pasien dengan golongan darah A atau AB lebih membutuhkan ventilator dalam studi ini.

Pasien dengan golongan darah A atau AB juga lebih mungkin membutuhkan dialisis atau prosedur yang membantu ginjal menyaring racun dari darah.

“Pasien dalam dua golongan darah ini mungkin memiliki peningkatan risiko disfungsi atau kegagalan organ akibat COVID-19 dibandingkan orang dengan golongan darah O atau B,” kata peneliti dalam simpulannya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.