Kesehatan

Prinsip-Prinsip Dasar Pemilihan Vaksin COVID-19 di Indonesia

Prinsip-Prinsip Dasar Pemilihan Vaksin COVID-19 di Indonesia

, Jakarta Vaksin COVID-19 yang nantinya bakal disuntikkan ke masyarakat harus terbukti aman dan terjamin. Lalu, serangkaian pengujian dilakukan oleh lembaga yang berwenang seperti disampaikan Direktur PT Bio Farma Honesti Basyir.

"Dasar pemilihan vaksin COVID-19 harus memenuhi beberapa faktor. Vaksin yang terpilih harus memiliki unsur keamanan khasiat dan mutu yang terjamin oleh lembaga yang berwenang dan dapat dibuktikan dari serangkaian pengujian yang dimulai dari pengujian praklinis, uji klinis tahap satu, dua dan tiga,” ungkap Honesti.

Bila melihat proses pengembangan, calon vaksin COVID-19 dari Sinovac termasuk satu dari 10 kandidat yang paling cepat dan sudah masuk ke uji klinis tahap 3. Kemudian dari sisi platform ataupun metode pembuatan vaksin menggunakan platform inactivated atau virus yang sudah dimatikan yang sudah terbukti pada jenis-jenis vaksin lainnya.

"Platform tersebut sudah dikuasai oleh Bio Farma,” katanya dalam diskusi pada Selasa, 8 Desember 2020 lalu.

Faktor penentu lainnya adalah sistem mutu yang dimiliki oleh Sinovac sudah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dalam kerjasama antara Bio Farma dengan Sinovac, terdapat juga transfer teknologi dalam hal pengujian-pengujian yang dibutuhkan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.