Kesehatan

Stok Vaksin COVID-19 April 2021, Menkes Budi: Kita Hanya dapat 20 Juta Dosis

Stok Vaksin COVID-19 April 2021, Menkes Budi: Kita Hanya dapat 20 Juta Dosis

, Jakarta - Perihal stok vaksin COVID-19 pada April 2021, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan,  Indonesia hanya dapat 20 juta dosis dari rencana 30 juta dosis. Kabar terbaru ini disampaikan Budi usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 5 April 2021.

Jumlah 20 juta dosis vaksin COVID-19 yang tidak sesuai rencana dipengaruhi embargo dari negara-negara produsen vaksin, seperti India. Dampaknya, terjadi penundaan atau keterlambatan pengiriman vaksin, termasuk ke Indonesia.

"Saya sampaikan mengenai perkembangan di dunia terkait produksi dan embargo dari vaksin COVID-19. Di Eropa dan beberapa negara di Asia, misal India, Filipina, Papua Nugini, dan negara di Amerika Selatan, Brasil  terjadi lonjakan ketiga dari kasus aktif COVID-19," kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini.

"Akibatnya, negara-negara yang memproduksi vaksin di lokasi-lokasi yang terjadi lonjakan ketiga mengarahkan agar vaksinnya tidak boleh keluar dari negara masing-masing. Kondisi ini memengaruhi ratusan negara di dunia, termasuk di Indonesia."

Rencana jumlah vaksin COVID-19 yang tersedia untuk Maret dan April 2021 masing-masing 15 juta dosis atau total dua bulan sebanyak 30 juta dosis.

"Kita hanya bisa dapat 20 juta atau duapertiganya saja," imbuh Budi Gunadi.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.