Kesehatan

Surat Terbuka Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang Zainal Muttaqin untuk Menkes Terawan

Surat Terbuka Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang Zainal Muttaqin untuk Menkes Terawan

, Jakarta Kehadiran Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto di tengah perang melawan COVID-19 dinantikan publik Tanah Air. Sederet pertanyaan seperti, "Pak Menkes ke mana ya?, Kenapa Menkes tak juga muncul?, Apa kabarnya Pak Menkes?" menjadi perbincangan warganet.

Dalam menghadapi COVID-19, publik melihat kehadiran Menkes Terawan, dalam hal ini Kementerian Kesehatan bak 'komandan perang.' Seorang komandan yang seharusnya mampu memimpin dengan tegas penanganan COVID-19 di lapangan.

Apalagi permasalahan COVID-19 di Indonesia membutuhkan perhatian serius. Tidak hanya persoalan angka kasus positif dan meninggal, tetapi juga ketimpangan data yang terjadi antara pemerintah daerah dan pusat.

Perjuangan tenaga kesehatan dan medis yang gugur akibat terpapar COVID-19 hingga kebutuhan pelayanan kesehatan di rumah sakit, seperti tempat tidur, ruang isolasi, dan ICU yang terus dipantau. Upaya 3T (testing, tracing, treatment) yang digencarkan pemerintah dinilai masih lemah.

Hal tersebut melihat angka testing dan tracing yang lebih tinggi berada di ibu kota DKI Jakarta. Menyentil situasi COVID-19 di Tanah Air dan menantikan Menkes Terawan, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang Zainal Muttaqin menuliskan surat terbuka untuk Menkes Terawan.

Isi surat terbuka Zainal mewakili perspektif bukan hanya perseorangan, melainkan para dokter umum, spesialis, residen di Indonesia saat ini. Berikut ini isi surat terbuka Zainal untuk Menkes Terawan yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (13/10/2020).