Kesehatan

Terjawab! Ini Alasan Lemak Perut Sulit Dihilangkan

Terjawab! Ini Alasan Lemak Perut Sulit Dihilangkan

, Jakarta Segala sesuatu yang berlebihan dampaknya memang nggak baik. Yup, memiliki kelebihan lemak di bagian tubuh pun dapat berdampak untuk kesehatan.

Oleh karena itu, pilihan menurunkan berat badan dengan cara yang benar menjadi hal pasti yang terbaik untuk kesehatan. Namun ketika sudah berolahraga selama berbulan-bulan, ada bagian tubuh yang nggak hilang lemaknya.

Perut. Ya, bagian tubuh ini rasanya sulit banget dihilangkan. Bahkan ada yang berpikir, apakah ada yang salah dengan pola diet yang dijalankan.

Nggak sedikit yang bertanya-tanya, apa alasan mengapa lemak perut sulit dihilangkan, meski sudah olahraga dan diet sehat. Jawabannya adalah ususmu.

Dikutip laman The Healthy, lemak di tubuh manusia ada dua jenis, yaitu sel alfa dan sel beta. Keduanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu yang berbeda.

Sel alfa dirancang untuk membatasi aliran darah ke sel dan menghalangi proses pembakaran lemak. Sementera sel beta, untuk meningkatkan aliran darah dan merangsan proses pembakaran lemak.

Hal lain yang mempengaruhi sel alfa dan beta adalah genetika. Jadi memang, ada beberapa orang yang mungkin cenderung mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibanding yang lain. Namun tetap saja, ada area tertentu yang lebih cepat ramping dibandingkan bagian tubuh lain.

"Saat menurunkan berat badan, kamu mungkin melihat perubahan pada bagian wajah, kaki, dan lengan lebih dulu. Ini karena area tubuh tersebut memiliki lebih banyak sel alfa. Lalu menyusul penyusutan di bagian tubuh lain," jelas staf spesialis kesehatan dari sebuah perusahaan asuransi di Inggris, Dr. Luke James.