Kesehatan

Tidak Pakai Bra dalam Waktu Lama, Apa Dampaknya pada Payudara?

Tidak Pakai Bra dalam Waktu Lama, Apa Dampaknya pada Payudara?
Jakarta -

Ada banyak mitos berkembang seputar bra dan payudara. Terlalu sering dan tidak pernah pakai bra, sama-sama disebut berbahaya. Jadi yang benar bagaimana?

"Jawaban singkatnya, tidak ada yang bahaya untuk tidak pakai bra," kata profesor bedah dari University of California di Los Angeles, Deanna Attai, MD, dikutip dari Health.com.

Terkait anggapan tidak pakai bra bikin payudara mengendur, para pakar menyebut ada banyak faktor. Yang pasti, payudara mengendur itu adalah normal sebagai seiring bertambahnya usia.

Faktor lainnya adalah genetik, fluktuasi berat badan, dan perubahan hormonal. Kehamilan termasuk di antaranya. Berbagai faktor itu dinilai lebih berpengaruh pada mengendurnya payudara.

Meski demikian, risiko payudara mengendur pada beberapa kasus bisa dimitigasi dengan menggunakan bra. Khususnya pada perempuan dengan payudara yang lebih besar dan lebih padat.

"Yang bisa terjadi jika Anda tidak memakai penopang adalah Anda bisa mengalami trauma micro yang kecil pada ligamen Cooper, yang kadang-kadang mempercepat proses mengendurnya payudara," kata Sabrina Sahni, MD dari Mayo Clinic.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"

(up/up)