Kesehatan

Tindik hingga Masker, Ini Penyebab Belakang Telinga Anda Bau dan Cara Mengatasinya

Tindik hingga Masker, Ini Penyebab Belakang Telinga Anda Bau dan Cara Mengatasinya

, Jakarta - Dari semua keanehan tubuh yang memancarkan bau, pasti ada banyak daftarnya, salah satunya yaitu di bau di balik telinga.

"Ini adalah daerah yang cenderung memerangkap keringat dan kelembapan, yang dapat menjadi penyebab bau yang tidak sedap," kata direktur bedah kulit dan direktur laser dan dermatologi kosmetik di The University of Texas, dr. S. Tyler Hollmig.

Menurutnya, ada beberapa penyebab mengapa Anda menemukan di balik telinga seseorang tersebut bau dan bagaimana cara mengatasinya, dilansir dari Livestrong.

1. Akumulasi Minyak

Jika Anda tahu area T-zone (dahi dan hidung) Anda bisa berminyak dan licin, maka di belakang telinga juga bisa.

Wilayah tersebut relatif kaya akan kelenjar sebaceous, yang mengeluarkan zat berminyak. Campuran tersebut mungkin menumpuk karena kurangnya pembersihan, kata Dr. Hollmig.

Sebum memiliki bau tidak sedap, katanya. Berapa banyak sebum yang Anda keluarkan adalah murni tergantung masing-masing individu.

Cara mengatasinya: Mandi setiap hari dengan sabun lembut (mengoosok area tersebut lebih dari satu menit) sudah cukup.

2. Itu Bakteri Kulit Normal

Seiring dengan kelebihan minyak, faktor bakteri di kulit Anda menjadi faktor bau lainnya. Kotoran dari rambut dan polusi juga dapat terkumpul di sana dan berkontribusi pada bau, kata Dr. Hollmig.

Cara mengatasinya: mandi juga. Bahkan meskipun Anda tidak keramas setiap hari, pastikan Anda membersihkan dengan benar area ini.