Kesehatan

Trump Klaim Dirinya Sudah Kebal COVID-19

Trump Klaim Dirinya Sudah Kebal COVID-19
Jakarta -

Presiden AS Donald Trump menyatakan dirinya kebal terhadap COVID-19 sat dia bersiap untuk kembali kampanye Pilpres AS.

"Sepertinya saya kebal, saya tidak tahu, mungkin lama dan mungkin pendek, bisa seumur hidup, tidak ada yang benar-benar tahu, tapi saya kebal," kata Trump kepada acara Fox News dikutip dari Channel News Asia.

"Kekebalan berarti saya memiliki sesuatu, hal yang bisa melindungi saya," lanjutnya.

Trump menyampaikan hal tersebut sehari setelah dokternya mengatakan dirinya tak lagi berisiko tertular COVID-19. Bahkan ia mengatakan warga Amerika sepatutnya tak perlu ragu lagi karena mereka memiliki seorang presiden yang kebal.

"Anda memiliki seorang presiden yang kebal jadi Anda sekarang punya presiden yang tidak harus bersembunyi di ruang bawah tanah seperti lawannya," lanjut Trump menyindir pesaingnya, Joe Biden, yang belakangan memang jauh lebih berhati-hati.

Belum jelas sejauh mana penularan COVID-19 memberi kekebalan dari infeksi di masa depan. Penelitian awal menunjukkan beberapa bulan sementara pasien tak tertular kembali, dan mengindikasikan itu bisa bertahan lebih lama.

Meskipun bahwa secara umum, seseorang yang sembuh dari infeksi virus terlindung dari infeksi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan belum ada cukup data untuk mengonfirmasi apakah antibodi melindungi, tingkat antibodi apa yang dibutuhkan, atau berapa lama perlindungan akan bertahan.



Simak Video "Donald Trump Dikecam Soal Ide Suntik Disinfektan untuk Obati Corona"

(kna/kna)