Kesehatan

Ultah ke-70 IDI, Jokowi: Tetaplah Menjadi Penjaga Harapan, Berjuang untuk Kemanusiaan

Ultah ke-70 IDI, Jokowi: Tetaplah Menjadi Penjaga Harapan, Berjuang untuk Kemanusiaan

, Jakarta - Di Hari Dokter Nasional pada Sabtu, 24 Oktober 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi), menilai, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) punya peranan yang amat besar dalam meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Tidak sebatas memadukan segenap potensi dokter dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kedokteran saja.

Namun, Jokowi menekankan bahwa butuh dukungan penuh dan kerja sama yang erat agar IDI dapat menjalankan peran besar tersebut.

Menurut mantan orang nomor satu di DKI Jakarta itu, IDI berada dalam ekosistem yang di dalamnya ada lembaga pendidikan, ada profesi-profesi lain, dan juga industri.

"Ini memerlukan sinergi dan kerjasama yang erat, sehingga apa yang menjadi tujuan IDI akan bisa tercapai," kata Jokowi sebagaimana yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

Bekerja dalam ekosistem tersebut, lanjut Jokowi, egosentrisme lembaga-lembaga jelas harus dihilangkan. Semua lembaga terkait harus mampu bekerja sama dan bergandeng erat dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

"Pandemi ini memberi banyak pelajaran kepada kita. Semakin kita tahu kelemahan-kelemahan yang harus segera kita perbaiki. Karena itu, situasi sulit yang sedang kita hadapi digunakan sebagai momentum untuk melakukan transformasi termasuk dalam reformasi sistem kesehatan di negara kita," Jokowi menambahkan.