Kesehatan

Viral Kakek Tak Mempan Disuntik, Kebal Jarum? Dokter Jelaskan Kemungkinannya

Viral Kakek Tak Mempan Disuntik, Kebal Jarum? Dokter Jelaskan Kemungkinannya
Jakarta -

Viral lansia kebal jarum suntik saat akan divaksinasi COVID-19. Dalam video yang beredar, nampak seorang kakek yang sedang duduk menunggu gilirannya disuntik. Tapi pada saat penyuntikan, jarum tak bisa tembus ke kulit kakek itu.

Tenaga medis yang menyuntiknya bahkan sampai dibuat heran. Terdengar juga seorang wanita yang menanyakan kepada kakek itu apa memiliki ilmu yang membuatnya kebal benda tajam.

Menanggapi insiden viral itu, dokter spesialis kulit dari DNI Skin Centre dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK mengatakan tidak ada kondisi khusus yang menyebabkan seseorang bisa 'kebal' jarum suntik.

"Perlu dievaluasi lebih lanjut kondisi pasien tersebut. Bisa saja jarum suntik yang digunakan sudah tumpul akibat menyedot vaksin dari vialnya," jelas dr Darma saat dihubungi detikcom, Jumat (9/4/2021).

Memang ada penyakit autoimun yang membuat seseorang mengalami pengerasan pada kulit atau skleroderma. Namun kondsisi ini pun masih bisa mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Tanpa adanya diagnosa lanjutan, sulit untuk menetapkan kondisi apa yang melatarbelakangi sehingga sang kakek terlihat 'kebal' pada jarum suntik. Padahal lansia harusnya lebih mudah untuk disuntik karena kulitnya lebih tipis.

"Kulit orang tua lebih tipis ketimbang dewasa seharusnya lebih mudah untuk disuntik," paparnya.



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"

(kna/up)