LifeStyle

8 Tips Membuat Kolak Sempurna ala Chef Vindex Tengker

8 Tips Membuat Kolak Sempurna ala Chef Vindex Tengker

Selama bulan Ramadhan, kolak menjadi menu yang mudah didapat dan tersedia di mana-mana. Rasanya yang manis dan gurih, juga isiannya yang mengenyangkan membuat kolak jadi menu buka puasa favorit banyak orang.

Kolak sendiri sebenarnya bisa terbuat dari beragam isian, mulai dari pisang, ubi, hingga labu. Dan kolak yang cukup banyak dibuat di bulan Ramadhan adalah kolak pisang.

Meski bulan Ramadhan sebentar lagi akan berakhir, namun tak ada salahnya mengintip sejumlah tips membuat kolak sempurna dari Chef Vindex Tengker, dikutip dari video di Instagram @endeus.tv, Minggu, 9 Mei 2021.

Dalam video itu, Chef Vindex membuat kolak dengan isian komplit, yakni pisang, ubi, labu parang, dan kolang-kaling.

"Kolak sendiri artinya santan yang dicampur dengan gula merah. Komposisinya bisa tergantung, suka manis atau tidak. Kalau saya biasanya kombinasi antara gula merah dengan gula putih, agar dia rasa manisnya pas, kemudian warnanya enggak terlalu pekat," ucap Chef Vindex.

Berikut tips lengkapnya.

1. Gunakan ubi manis yang teksturnya keras.

"Sebenarnya bisa juga memakai macam-macam ubi yang lain, salah satunya ubi cilembu atau ubi ungu, cuma kendalanya, ubi-ubi itu bisa lebih cepat hancur. Kalau ini dia bisa lebih tahan," ucap Chef Vindex.

2. Pilih pisang yang tak terlalu lembek

"Kalau pisang saya lebih suka menggunakan pisang kepok kuning, rasa manisnya pas, teksturnya pas tidak terlalu lembek. Kalau pisang tanduk biasanya sedikit lebih kering dan lebih dry. Kalau pisang raja biasanya cepat jadi lembek," ujarnya.